Informasi Penerimaan STPN

APA SAJA JALUR SELEKSI KE STPN ?

  • Diploma I Pengukuran dan Pemetaan Kadastral

  • Diploma IV Pertanahan
     

BAGAIMANA PROSES PENDAFTARANNYA ?

Diploma I Pengukuran dan Pemetaan Kadastral

  • Pendaftaran dilakukan secara online melalui Sistem Penerimaan Taruna Baru pada link penerimaan.stpn.ac.id;
  • Pendaftar harus mempunyai email gmail;
  • Pada Sistem Penerimaan Taruna Baru (penerimaan.stpn.ac.id), pendaftar memilih menu Registrasi kemudian pilih Diploma I Pengukuran dan Pemetaan Kadastral  Pendaftaran Online, selanjutnya masuk ke menu Mulai Pendaftaran Online untuk mengisi alamat email, nama lengkap dan captcha;
  • Pendaftar akan mendapatkan email konfirmasi pendaftaran yang berisi nomor registrasi, nomor virtual account, biaya pendaftaran dan link pengisian formulir pendaftaran;
  • Pendaftar membayar biaya pendaftaran sebesar Rp.175.000,- (seratus tujuh puluh lima ribu rupiah) berdasarkan PP No. 128 Tahun 2015 Tentang Jenis dan Tarif Atas Jenis PNBP yang berlaku pada Lingkungan Kementerian Agraria dan Tata Ruang/BPN sesuai dengan nomor virtual account Bank BRI(15 digit), kemudian pendaftar akan mendapatkan email konfirmasi yang berisi nomor PIN (6 digit) yang digunakan untuk login dalam pengisian formulir pendaftaran;
  • Pendaftar mengisi formulir pendaftaran dengan lengkap, kemudian seluruh berkas pendaftaran discan dan disimpan dalam format .JPG dengan ukuran maksimal 500 KB, kemudian upload berkas pendaftaran tersebut ke Sistem Penerimaan Taruna Baru, berkas pendaftaran terdiri dari :
    1. Pas foto berwarna terbaru dengan latar belakang warna merah, ukuran 4 X 6 cm;
    2. Ijazah/STTB/Surat Tanda Kelulusan, atau Surat Keterangan Lulus (bagi lulusan tahun saat pendaftaran) yang telah dilegalisir (pada setiap halaman) oleh Kepala Sekolah yang bersangkutan atau Pejabat yang mewakili;
    3. Rapor dari kelas X s.d XII yang telah dilegalisir (pada setiap halaman) oleh Kepala Sekolah yang bersangkutan atau Pejabat yang mewakili (Untuk rapor kelas XII semester 2 yang belum keluar nilainya, berkasnya boleh dikosongi/tidak diupload);
    4. Surat Keterangan Konversi Nilai mata pelajaran Matematika yang ditandatangani oleh Kepala Sekolah yang bersangkutan atau Pejabat yang mewakili (untuk rapor yang harus dikonversi nilainya);
    5. Surat Pernyataan bermaterai Rp.6000,- yang menerangkan bahwa data yang diisikan dalam formulir pendaftaran BENAR. (Surat Pernyataan di unduh di aplikasi pada menu : Syarat-syarat Kelengkapan Berkas)
  • Setelah dilakukan pengisian formulir pendaftaran, simpan data yang telah diisikan. Selanjutnya, pendaftar mendapatkan Kartu Peserta Ujian dan dicetak pada kertas HVS 80 gram warna putih berukuran A4 (orientasi portrait. Kartu ini harus dibawa pada saat mengikuti Ujian Tulis dan Daftar Ulang. Jadwal Ujian Tulis akan diumumkan di website stpn.ac.id dan aplikasi SPTB.
  • Berkas Ijazah/STTB/Surat Tanda Kelulusan, atau Surat Keterangan Lulus, Rapor yang tidak dilegalisir dianggap tidak memenuhi syarat/gugur.
  • Seluruh isi berkas pendaftaran yang telah di upload harus dapat terbaca dengan jelas dan tidak menimbulkan keraguan yang dapat merugikan pendaftar.
  • Panitia akan melakukan validasi kesesuaian persyaratan sebagaimana tertera dalam formulir pendaftaran dengan berkas-berkas asli. Peserta dinyatakan gugur jika ditemukan adanya ketidaksesuaian antara data persyaratan yang dituliskan dalam formulir pendaftaran dengan data dalam berkas asli.
  • Pendaftar dari jalur kerja sama akan diatur tersendiri melalui MoU dan PKs.
     

Diploma IV Pertanahan

  1. Pendaftaran dilakukan secara online melalui Sistem Penerimaan Taruna Baru pada link penerimaan.stpn.ac.id;
  2. Pendaftar harus mempunyai email gmail;
  3. Pada Sistem Penerimaan Taruna Baru (penerimaan.stpn.ac.id), pendaftar memilih menu Registrasi kemudian pilih Diploma IV PERTANAHAN  Pendaftaran Online, selanjutnya masuk ke menu Mulai Pendaftaran Online untuk mengisi alamat email, nama lengkap dan captcha;
  4. Pendaftar akan mendapatkan email konfirmasi pendaftaran yang berisi nomor registrasi, nomor virtual account, biaya pendaftaran dan link pengisian formulir pendaftaran;
  5. Pendaftar membayar biaya pendaftaran sebesar Rp.175.000,- (seratus tujuh puluh lima ribu rupiah) berdasarkan PP No. 128 Tahun 2015 Tentang Jenis dan Tarif Atas Jenis PNBP yang berlaku pada Lingkungan Kementerian Agraria dan Tata Ruang/BPN sesuai dengan nomor virtual account Bank BRI (15 digit), kemudian pendaftar akan mendapatkan email konfirmasi yang berisi nomor PIN (6 digit) yang digunakan untuk login dalam pengisian formulir pendaftaran;
  6. Pendaftar mengisi formulir pendaftaran dengan lengkap, kemudian seluruh berkas pendaftaran discan dan disimpan dalam format .JPG dengan ukuran maksimal 500 KB, kemudian upload berkas pendaftaran tersebut ke Sistem Penerimaan Taruna Baru, berkas pendaftaran terdiri dari :
    • Lulusan Program Studi Diploma I Pengukuran dan Pemetaan Kadastral:
      1. Pas foto berwarna terbaru dengan latar belakang warna merah;
      2. Asli Ijazah dan Transkrip Nilai Program Studi Diploma I Pengukuran dan Pemetaan Kadastral atau yang telah dilegalisir oleh pejabat yang berwenang (upload Transkip nilai pada kolom Rapor_Kelas_X_Smt_1);
      3. Surat Pernyataan telah mengisi data pendaftaran dengan BENAR. (Formulir Surat Pernyataan bisa di download pada menu Syarat-syarat Kelengkapan Berkas)

    • Lulusan Sekolah Menengah Atas/Madrasah Aliyah/Sekolah Menengah Kejuruan:
      1. Pas foto berwarna terbaru dengan latar belakang warna biru;
      2. Asli Ijazah/STTB/Surat Tanda Kelulusan/Surat Keterangan Lulus (bagi lulusan tahun saat pendaftaran) atau yang telah dilegalisir oleh Kepala Sekolah yang bersangkutan;
      3. Asli Rapor dari kelas X s.d XII atau yang telah dilegalisir oleh Pejabat sekolah atau Kepala Sekolah yang bersangkutan (Untuk rapor kelas XII semester 2 yang belum keluar nilainya, berkasnya boleh dikosongi/tidak diupload);
      4. Surat Keterangan Konversi Rapor kelas X s/d kelas XII yang ditandatangani oleh Kepala Sekolah (untuk rapor yang harus dikonversi nilainya);
      5. Surat Pernyataan telah mengisi data pendaftaran dengan BENAR. (Formulir Surat Pernyataan bisa di download pada menu Syarat-syarat Kelengkapan Berkas)
  7. Setelah dilakukan pengisian formulir pendaftaran, simpan data yang telah diisikan. Selanjutnya, pendaftar mendapatkan Kartu Peserta Ujian dan dicetak pada kertas HVS 80 gram warna putih berukuran A4 (orientasi portrait. Kartu ini harus dibawa pada saat mengikuti Ujian Tulis dan Daftar Ulang. Jadwal Ujian Tulis akan diumumkan di website stpn.ac.id dan aplikasi SPTB.
  8. Seluruh isi berkas pendaftaran yang telah di upload harus dapat terbaca dengan jelas dan tidak menimbulkan keraguan yang dapat merugikan pendaftar.
  9. Panitia akan melakukan validasi kesesuaian persyaratan sebagaimana tertera dalam formulir pendaftaran dengan berkas-berkas asli. Peserta dinyatakan gugur jika ditemukan adanya ketidaksesuaian antara data persyaratan yang dituliskan dalam formulir pendaftaran dengan data dalam berkas asli.
  10. Pendaftar dari jalur kerja sama akan diatur tersendiri melalui MoU dan PKs.

 

SUMBER: http://penerimaan.stpn.ac.id/